KLASIFIKASI JENIS ASPAL

Klasifikasi Jenis Aspal - Bagaimana Cara Mengklasifikasi Jenis Aspal?

Aspal keras dapat di klasifikasikan atau dikelompokan kedalam tingkatan ( grade ) atau kelas berdasarkan tiga sistem atau cara yang berbeda, yaitu:
1. Viskositas. 
Masing-masing sistem cara mengelompokan aspal ke dalam tingkatan atau kelas yang berbeda-beda. Dalam pengklasifikasian aspal yang ada, metode yang paling banyak digunakan adalah dengan sistem pengklasifikasin berdasarkan viskositas dan penetrasi. Dalam sistem viskositas, satuan poise adalah estándar pengukuran viskositas absolut. Makin tinggi nilai poise statu aspal makin kental aspal tersebut.
Klasifikasi Jenis Aspal AC-25 (jenis aspal keras dengan viskositasn 250 pose pada temperature 60°C) adalah jenis aspal keras yang bersifat lunak, AC-40 (aspal keras dengan 400 poise pada temperature 60ºC) adalah jenis aspal keras yang bersifat keras. Beberapa Negara mengelompokan aspal berdasarkan viskositas estela penuaan. Ide ini untuk mengidentifikasikan viskositas aspal estela penghamparan di lapangan. Untuk mensimulasikan penuaan aspal selama pencampuran, aspal segar yang akan digunakan dituangkan terlebihdahul dalam oven melalui pengujian Thin Film Oven Test (TFOT) dan Rolling Film Oven Test (RTFOT). Sisa aspal yang tertinggal (residu) kemudian ditentukan tingkatannya (grade) berdasarkan fiskositasnya dalam satuan poise.


2. Uji Penetrasi.
Dalam uji penetrasi ini, sebuah jarum standar dengan berat beban 10 gram ( termasuk berat jarum) ditusukan keatas permukaan aspal, panjang jarum yang masuk kedalam contoh aspal dalam waktu lima detik diukur dalam satuan persepuluh mm (0,1 mm) dan dinyatakan sebagai nilai penetrasi aspal. Semakin kecil nilai penetrasi aspal, semakin keras aspal tersebut.


Demikian uraian singkat tentang Klasifikasi Jenis Aspal, semoga dapat bermanfaat.



Kontraktor Jasa Pengaspalan Jalan di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya dan sekitarnya.



Bagi anda yang mencari haga terbaru pengaspalan jalan,di antaranya :

Paket A : Pelapisan asphalt hotmix

1. Teack coating asphal cair ( Perekat )

2. Gelaran hotmix 2 cm

3. Pemadatan dengan mesin baby roller

4. Upah tenaga



Paket B :Asphalt penetrasi

1. Gelaran batu makadam

2. Gelaran batu splite

3. Gelaaran batu abu

4. Pemadatan dengan mesin walls

5. Upah tenaga kerja



Paket C : ( Pelapisan ulang atau Overlay )

1. Pembersihan lokasi pekerjaan

2. Tambal sulam batu splite untuk lokasi yang berlubang/rusak

3. Teack coating asphalt cair { Perekat }

4. Gelar asphalt hotmix 2 cm

5. Pemadtan dengan mesin baby roller

6. Upah tenaga kerja



Paket D : ( pembuatan jalan baru mulai dari dari tahah )

1. Gelar batu makadam

2. Gelar batu splite

3. Teack coating asphalt cair ( Perekat )

4. Gelar asphalt homix 3 cm

5. Pemadatan dengan mesinn walls

6. Upah tenaga kerja

Apabila Anda sedang membutuhkan Jasa Kontraktor Perbaikan / Pengaspalan Jalan di Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Jakarta dan sekitarnya silahkan hubungi kami.